You need to enable javaScript to run this app.

BAKTI SOSIAL DAN BUKA PUASA BERSAMA: RANGKAIAN ACARA PESANTREN RAMADHAN DI SMP NEGERI 1 SUMENEP

  • Selasa, 18 April 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
BAKTI SOSIAL DAN BUKA PUASA BERSAMA: RANGKAIAN ACARA PESANTREN RAMADHAN DI SMP NEGERI 1 SUMENEP

Memasuki bulan Ramadhan tidak lengkap rasanya jika tidak berbuka bersama. Pada Senin, 17 April 2023 yang dihadiri seluruh organisasi yang ada di SMP Negeri 1 Sumenep mengadakan acara buka bersama. Sore menjelang magrib seluruh siswa yang ikut berkumpul dilapangan basket untuk memulai acara.
Namun yang perlu diketahui bahwa acara ini didahului oleh rangkaian acara berupa mengumpulkan sumbangan dari setiap kelas saat Pesantren Ramadhan pada tanggal 10 – 15 April 2023, setelah itu melakukan pembagian sembako kepada orang-orang yang membutuhkan dengan mendatangi ke rumah mereka pada hari Senin tanggal 17 April 2023 pukul 08:00 WIB. Pembagian dilakukan dengan membentuk beberapa kelompok dari perwakilan tiap organisasi MPK, OSIS, PIK-R, KADER ADIWIYATA, dan KKR.
Baru kemudian pada sore harinya didakan acara berbuka bersama, acara tersebut dibuka dengan pembacaan basmallah dan dilanjutkan dengan sambutan dari kepala sekolah SMP Negeri 1 Sumenep Bapak Syaiful Rahman Daisuki. Sembari menunggu adzan berkumandang, seluruh siswa mendengar tausiyah seru yang disampaikan oleh Ustd.H. Abd. Gani seputar orang-orang saat bulan Ramadhan dengan tema “Pulang Yuk”.
Tak lama adzan magrib dikumandangkan mengingat sudah masuk waktu berbuka. Seluruh siswa membuka acara buka dengan kurma juga es buah yang disediakan. Makanan utama nantinya akan dihidangkan selepas shalat magrib berjamaah oleh seluruh siswa. Setalh menikmati takjil, siswa bergegas mengambil wudhu dan melaksanakan shalat. Makanan utama pun dibagikan dengan isian ayam serta nasi dengan segelas air.
Selepas acara makan bersama, siswa diminta untuk membuang sampah yang ada. Tak berhenti disitu, keseruan berlanjut dengan pelepasan kembang api yang dilepas dilapangan basket. Ada juga siswa yang mengbadikan momen dengan mengambil foto dengan teman atau dengana organisasi. Setelah acara berakhir siswa langsung diharap pulang mengingat hari sudah gelap. Ramadhan tahun ini diharapkan semua siswa dapat mengambil hikmah dan beribadah lebih baik lagi.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Syaiful Rahman Dasuki, S.Pd.M.M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb.Salam sejahtera buat kita semua.Asa yang terpatri untuk memantapkan visi: “Cerdas, terampil, berbudaya, religus dan berwawawan lingkungan”. Sebuah...

Album Galeri

Galeri
Galeri

Video

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Tampilan Website ini?

Hasil
Banner