You need to enable javaScript to run this app.

SEJARAH SINGKAT

  • Senin, 17 Juli 2023
  • Administrator
  • 0 komentar

SMP Negeri 1 Sumenep merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang tertua di Kabupaten Sumenep. Pada zaman penjajahan Belanda SMP Negeri 1 Sumenep bernama HIS (Holland Indische School), dan pada zaman tersebut yang diperbolehkan bersekolah di HIS hanya terbatas pada anak-anak orang kaya dan keturunan bangsawan. Namun pada 19 Agustus 1947 berubah nama menjadi SMP Negeri 1 Sumenep dan siswanya berasal dari masyarakat pada umumnya. Secara geografis SMP Negeri 1 Sumenep terletak pada 7°00’55.7 LS dan 113°52’27.4 BT. Sekolah ini beralamatkan di Jalan Payudan Barat No. 7, Pabian Kabupaten Sumenep sangat strategis. Jika dilihat dari segi jarak yang sangat dekat dari pusat kota dan lokasinya yang berada di satu kompleks lembaga pendidikan seperti SMA Negeri 1 Sumenep, SMP Negeri 2 Sumenep, SMP Negeri 3 Sumenep dan SMP IT Luqmanul Hakim, serta dekat dengan sumber belajar seperti Gelanggang Olahraga Ahmad Yani Sumenep, Kantor Pengadilan, Kantor Kejaksaan, Kantor BPN, Kantor Pegadaian, Telkom, RRI, dan kantor POS. Sejak tahun 2017 SMP Negeri 1 sumenep telah menjadi sekolah rujukan dan acuan banyak sekolah lain dalam menerapkan pengelolaan pembelajaran.
SMP Negeri 1 Sumenep selalu meningkatkan proses belajar mengajar agar tercapai lulusan siswa-siswi yang berkualitas, bermoral, berkompeten, dan berakhlak mulia. Selain itu, SMP Negeri 1 sumenep juga dinobatkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri, yang merupakan sebuah penghargaan khusus bagi tiap-tiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang mendapatkan penghargaan adiwiyata kabupaten/kota, penghargaan ini diberikan langsung oleh Presiden. Penghargaan yang tak kalah penting yaitu sekolah sehat, dengan predikat ini mengharuskan SMP Negeri 1 Sumenep mempunyai lingkungan yang bersih, indah, tertib, rindang serta penghijauan yang memadai, selain itu sekolah ini juga harus mempunyai pembuangan dan pengelolaan sampah yang memadai dan representatif, juga memiliki air bersih yang memadai dan memenuhi syarat kesehatan. Penghargaan selanjutnya yang berhubungan langsung dengan siswa yaitu predikat sekolah ramah anak, dengan predikat ini artinya SMP Negeri 1 Sumenep dinilai sebagai satuan pendidikan formal yang aman, bersih dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, mampu menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, diskriminasi dan perlakuan salah lainnya serta mendukung partisipasi anak terutama dalam perencanaan, kebijakan, pembelajaran, pengawasan dan mekanisme pengaduan terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak di sebuah satuan pendidikan. Saat ini SMP Negeri 1 Sumenep menjadi salah satu sekolah penggerak di Kabupaten Sumenep, dengan menjadi salah satu sekolah penggerak, sekolah ini berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul (Kepala sekolah dan guru).

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Syaiful Rahman Dasuki, S.Pd.M.M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu’alaikum Wr.Wb.Salam sejahtera buat kita semua.Asa yang terpatri untuk memantapkan visi: “Cerdas, terampil, berbudaya, religus dan berwawawan lingkungan”. Sebuah...

Album Galeri

Galeri
Galeri

Video

Berlangganan
Jajak Pendapat

Bagaimana Tampilan Website ini?

Hasil
Banner